Thursday 5 January 2012

Perbedaan Morfem Bebas dan Morfem Terikat


Perbedaan morfem bebas dengan morfem terikat adalah apabila morfem bebas, morfem bebas dapat berdiri sendiri, yaitu bisa terdapat sebagai suatu kata, sedangkan morfem terikat terdapat sebagai kata tetapi selalu dirangkaikan dengan satu atau lebih morfem yang lain menjadi satu kata. Contohnya: makan, satu, tidur adalah morfm bebas karena bisa berdiri sendiri, sedangkan kata ber-, mem-, dan lain sebagainya adalah morfem terikat karena tidak bisaberdiri sendiri.


Perbedaan antara morfem asal dengan imbuhan Mialnya dalam kata berlibur morfem libur adalah morfem asal dan ber- adalah morfem imbuhan. Semua morfem imbuhan adalah morfem terikat.sebaliknya meskipun morfem asal sering merupakan morfem bebas,namun tidak harus demikian. suatu morfem asal yang bebas disebut dasar. Bila terikat disebut akar. Istilah “morfem asal” tidak sering dipakai tetapi demi jelasnya ada manfaatnya, untuk mencakup baik dasar maupun akar.

Perbedaan morfem utuh dan morfem terbagi, morfem utuh (continuous morpheme) dan morfem terbagi (discontinuous morpheme). Morfem imbuhan terbagi terdapat bila bentuknya dibagi menjadi dua atau lebih bagian yag berjauh-jauhan secara linear. Misalnya, ber- sama dengan –ka merupaka satu morfem saja, jadi missal kata berlandaskan terdiri dari dua morfem; imbuhan terbagi, yaitu ber- + -kan dan morfem asal yang utuh yaitu landas.

2 comments:

jangan lupa komentar yapss!! biar saya tau jejak Anda.. =)