Thursday 5 January 2012

Pengertian Agnotitisme, Atheisme, Pantheisme, dan Teisme


1.       Agnotitisme
Agnotitisme adalah suatu pandangan filosofis bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yang umumnya berkaitan dengan teologi metafisika tentang keberadaan Tuhan, dewa dan yang lainnya yang tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas. Seorang agnostik mengatakan bahwa adalah tidak mungkin untuk dapat mengetahui secara definitif pengetahuan tentang "Yang-Mutlak"; atau , dapat dikatakan juga, bahwa walaupun perasaan secara subyektif dimungkinkan, namun secara obyektif pada dasarnya mereka tidak memiliki informasi yang dapat diverifikasi.

2.      Ateisme

Ateisme  adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap teisme. Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan.

3.      Panteisme
Dalam bahasa Yunani ‘pan’ berarti semua,sedangkan ‘Theos’ berarti Tuhan. Secara harfiah artinya Tuhan adalah semuanya dan semua adalah Tuhan. Ini merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yag mencakup semuanya; atau bahwa alam semesta,atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum alam,keadaan,dan alam semesta diwakilik atau dipersnifikasikan dalam prinsip teoogis ‘Tuhan’ atau ‘Dewa’ yang abstrak.

  1. Teisme
Teisme adalah dalam penggunaannya yang paling luas, adalah kepercayaan terhadap satu dewa.


1 comment:

jangan lupa komentar yapss!! biar saya tau jejak Anda.. =)